PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS

Abdul Hadi, 115060209 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cikaro dan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Pada penilaian keaktifan nilai rata-rata siklus 1 yaitu 64,58 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 80,35. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 60,35 sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 75,71. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di Indonesia di kelas IV SDN Cikaro. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Keaktifan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:18
Last Modified: 14 Apr 2016 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item