PENGARUH STRATEGI PERDAGANGAN LUAR NEGERI CINA TERHADAP PERDAGANGAN DAN INDUSTRI OTOMOTIF CINA DI INDONESIA

Sofyan Badruzaman, 012030399 (2018) PENGARUH STRATEGI PERDAGANGAN LUAR NEGERI CINA TERHADAP PERDAGANGAN DAN INDUSTRI OTOMOTIF CINA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
06. Abstrak Bahasa Inggris.doc

Download (22kB)
[img] Text
14. Bab II.doc

Download (103kB)
[img] Text
07. Abstrak Bahasa Sunda.doc

Download (22kB)
[img] Text
01. Cover.doc

Download (24kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.doc

Download (50kB)
[img] Text
13. Bab I.doc

Download (203kB)
[img] Text
05. Abstrak Bahasa Indonesia.doc

Download (21kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.doc

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Industri otomotif Cina dianggap sebagai pemain baru dalam ajang industri otomotif internasional. Perkembangan otomotif Cina sebagai bagian dari kekuatan industri nasional cina pada akhirnya mampu membawa Cina bersaing di pasar industri otomotif internasional sebagai negara yang baru membuka diri terhadap dunia luar. Langkah Cina dalam usahanya untuk bersaing dalam dunia bisnis internasional patut dibanggakan, mengingat paham negeri Tirai Bambu ini masih menganut sosialisme. Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan persaingan pasar yang dihadapi oleh industri otomotif Cina dalam melakukan penetrasi produk ke dalam pasar otomotif Indonesia serta ekspansi pasar di Indonesia. Adanya dukungan pemerintah berupa modal dan kebijakan-kebijakan serta adanya iklim usaha yang kondusif menjadikan sektor industri otomotif Cina berkembang dengan sangat cepat. Dalam kenyataannya, perkembangan industri otomotif Cina dapat dilihat dari masuknya produk otomotif Cina ke pasar Indonesia, dan persaingannya dengan produk otomotif Jepang yang terlebih dahulu mendominasi pasar otomotif domestik. Adapun Hipotesis dari penelitian ini yaitu, “Jika strategi perdagangan luar negeri Cina berupa ekspansi pasar diarahkan pada daya saing komoditas ekspor, maka perdagangan dan perindustrian otomotif Cina di Indonesia akan mengalami peningkatan ditandai oleh peningkatan volume ekspor-impor serta devisa kedua negara”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena dalam hal ini yakni strategi ekspansi pasar serta penetrasi pasar yang dilakukan industri otomotif Cina dalam kerjasamanya dengan Indonesia. Data-data yang diolah dalam penelitian ini berasal dari analisis data sekunder (studi kepustakaan), non-sekunder, dan internet. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya industri otomotif Cina sehubungan dengan penetrasi pasar dan ekspansi pasar otomotif Cina di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal seperti : adanya krisis ekonomi Indonesia, brand image produk otomotif Cina, dan persaingan dengan produk otomotif Jepang yang terlebih dahulu mendominasi pasar otomotif domestik. Hal-hal tersebut turut mempengaruhi adanya ekspansi pasar dan perkembangan produk otomotif Cina di Indonesia. Dengan adanya perkembangan yang pesat dalam perindustrian otomotif Cina di Indonesia, hal tersebut cukup membuktikan bahwa perkembangan kerjasama serta kegiatan ekspor dan impor antara Cina – Indonesia mengalami peningkatan yang lebih menjanjikan. Kata Kunci: Strategi Perdagangan Cina, Industri Otomotif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:27
Last Modified: 10 Aug 2018 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34553

Actions (login required)

View Item View Item