Fajrian Ramdhani, 142050383 (2018) MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
Lembar Pengesahan.docx Download (26kB) |
|
Text
Cover Skripsi.docx Download (78kB) |
|
Text
RINGKASAN.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media Instagram sebagai media promosi yang digunakan oleh Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Penelitian ini menggunakan teori Medium Theory dari Marshall Mcluhan dan Harold Adams Innis. Marshall Mcluhan memperkenalkan Medium is The Message “Medium adalah Pesan”, bahwa dalam proses penyampaian maupun penerimaan pesan tidak hanya gangguan yang akan mempengaruhi bagaimana pesan itu disampaikan dan atau diterima, tetapi media yang membawa pesan itu memiliki pengaruh tersendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, Instagram dijadikan media promosi oleh Ciletuh-Palabuharatu UNESCO Global Geopark karena Instagram memiliki keunggulan sebagai media sosial berbasis audiovisual berbentuk gambar dan video yang dapat memberikan informasi secara cepat dan praktis. Karakteristik Instagram lebih kepada pemanfaatan fitur yang ada didalamnya dan fitur yang sering digunakan yaitu fitur hastag (#) salah satu cara yang cukup efektif bagi para pengguna instagram memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai objek wisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Efek media Instagram sangat berperan dalam peningkatan jumlah wisatawan dan setiap postingan foto dan video yang dipublikasikan oleh Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark membuat masyarakat tertarik dan menyukai. Simpulan secara keseluruh Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Geopark selaku pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark sangat efektif menggunakan media Instagram sebagai media promosi dan memberikan efek terhadap peningkatan jumlah wisatawan. Saran peneliti kepada Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark adalah sosialisasi dan promosi melalui media harus sering ditingkatkan dan pelayanan informasi mengenai objek wisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark harus ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 04:51 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 04:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34501 |
Actions (login required)
View Item |