Tika Kartikasari, 032040004 (2018) PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA WIDYA SALON BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
BAB I - Tika.doc Download (110kB) |
|
Text
BAB II - Tika.doc Download (145kB) |
|
Text
Lembar pengesahan - Tika.doc Download (25kB) |
|
Text
Cover - Tika.doc Download (77kB) |
|
Text
Daftar Pustaka - Tika.doc Download (36kB) |
|
Text
ABSTRACT b.inggris - Tika.doc Download (23kB) |
|
Text
Abstrak B. Indonesia - Tika.doc Download (40kB) |
|
Text
ABSTRAK b.sunda - Tika.doc Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Widya Salon merupakan salah satu jenis usaha jasa yang bergerak di bidang kecantikan. Sejak berdiri tahun 1980 Widya Salon dalam menjalankan bisnisnya, selalu memfokuskan kepada upaya peningkatan dan mempertahankan loyalitas pelanggannya. Namun demikian Widya Salon dalam menjalankan usahanya seringkali menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan jumlah pelanggan yang tidak stabil dan bahkan seringkali mengalami penurunan. Masalah tersebut diduga karena masih relatif tingginya harga atau biaya perawatan di bandingkan dengan salon lain, selain itu pula Widya Salon belum sepenuhnya melakukan diferensiasi produk perawatan kecantikan terhadap para pesaingnya serta kurang memfokuskan diri pada segmen pasar tertentu, seperti kelompok remaja yang merupakan mayoritas pelanggannya. Tujuan penelitian yang dilakukan, untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap loyalitas pelanggan pada Widya Salon Bandung. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Deskriptif Analisis. Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan, observasi non partisipan, wawancara terstruktur, angket dan studi literatur. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif keunggulan bersaing terhadap loyalitas pelanggan pada Widya Salon. Berdasarkan koefisien determinasi Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 50,98% atau dapat dikatakan pula bahwa pengaruh yang terjadi pada keunggulan bersaing sebesar 50,98% ditentukan oleh loyalitas pelanggannya, sedangkan sisanya sebesar 49,02% ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti : kepuasan pelayanan, tempat dan penetapan harga. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa keunggulan bersaing yang dilakukan oleh Widya Salon belum berjalan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena biaya perawatan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan salon lain, masih rendahnya kualitas pelayanan dan terbatasnya fasilitas pelayanan perawatan kecantikan. Disamping itu pula, segmen pasar yang menjadi target Widya Salon belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Kenyataan tersebut tentunya akan berdampak pada loyalitas pelanggan yang rendah, seperti terlihat dari rendahnya kontinuitas pembelian, pembelian produk di luar jasa pelayanan kecantikan, keinginan untuk memberikan informasi kepada orang lain, serta masih banyaknya pelanggan yang melakukan perawatan kecantikan di luar Widya Salon. Kata Kunci : Keunggulan bersaing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 02:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34322 |
Actions (login required)
View Item |