UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN,KOMUNIKASI DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS MELALUI MODELPEMBELAJARAN POGIL SISWA SMPN 1 SUKAWENING

Ryan Nurfitrianysah, NPM : 168060004 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN,KOMUNIKASI DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS MELALUI MODELPEMBELAJARAN POGIL SISWA SMPN 1 SUKAWENING. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Ryan Nurfitriansyah.docx

Download (29kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untukmenganalisis peningkatan kemampuan pemahaman, komunikasi dan self-esteem matematis melalui model pembelajaran POGIL. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sukawening tahun ajaran 2017-2018. Secara purposif (purposive sampling) sampel dua kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) tipe embedded design (penyisipan). Instrurmen tes yang digunakanadalah pre-test dan post-test sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi, wawancara dan angketself-esteem matematis. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain, uji Mann-Whitney, ujiANOVA dua jalur, uji Independent Sample t-testdan uji korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensionaldilihat dari kemampuan awal matematis (KAM); (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal matematis (KAM); (3) self-esteem matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; dan (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman, komunikasi dan self-esteem matematis. Kata kunci: Pemahaman matematis, komunikasi matematis, self-esteem matematis dan model pembelajaranPOGIL.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jul 2018 10:29
Last Modified: 13 Jul 2018 10:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34160

Actions (login required)

View Item View Item