ANALISIS LITERASI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND MELALUI PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTICBERPENILAIAN PISA MATHEMATICAL LITERACY AND HABITS OF MIND ANALYSIS USING LAPS-HEURISTIC LEARNING WITH PISA ASSESMEN

Meydha Nurhikmah Kusuma Putri, NPM : 168060032 (2018) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND MELALUI PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTICBERPENILAIAN PISA MATHEMATICAL LITERACY AND HABITS OF MIND ANALYSIS USING LAPS-HEURISTIC LEARNING WITH PISA ASSESMEN. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Meydha.docx

Download (21kB)

Abstract

Kebiasaan berpikir cerdas/ Habits of mind yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten berpotensi untuk membentuk dan mengembangkan kemampuan positif seseorang untuk dapat merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Seseorang yang terbiasa berpikir cerdas akan menjadi lebih kreatif dan berwawasan luas dalam menggunakan matematika. Sehingga lebih mudah untuk menyusun strategi memecahkan suatu permasalahan, yang semua itu terangkum dalam kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) mengetahui bagaimana habits of mind antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (3) mengetahui bagaimana pengaruh habits of mind terhadap kemampuaan literasi matematis siswa pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan metodeConvergen Parallel Mix Method Design dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes postes.Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristictergolong tinggi, sedangkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional memiliki tingkat peningkatan rendah. Siswa yang belajar dengan cara membiasakan diri menyelesaikan persoalan pemecahan masalah seperti yang terangkum dalam LAPS-Heuristicmereka menjadi terbiasa untuk menggunakan kemampuan berpikir cerdasnya, yang semakin lama kemampuan berpikir cerdasnya akan meningkat seiring dengan seringnya siswa berlatih mengasah kemampuan berpikir cerdasnya. Terdapat pengaruh positif habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis Kata kunci : Kemampuan literasi matematis, habits of mind, PISA

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Jul 2018 04:26
Last Modified: 07 Jul 2018 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item View Item