PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

Muhammad Iskandar Zulkarnain, NPM : 168060038 (2018) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascarsajana.

[img] Text
Muhammad Iskandar Zulkarnain.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) peserta didik (unggul dan asor) dan minat belajar peserta didik serta bagaimana korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 1 Karangampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX, dengan jumlah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan peserta didik dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) peserta didik (unggul dan asor); (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan peserta didik dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) peserta didik (unggul dan asor); (3) Tidak terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:42
Last Modified: 29 Jun 2018 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item