PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KUIS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH (Studi Kasus: SDN GRIYA BUMI ANTAPANI 13)

ARIF RAHMAN ROBBANI, 123040186 and Sandhika Galih Amalga, ds and Erik, DS (2018) PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KUIS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH (Studi Kasus: SDN GRIYA BUMI ANTAPANI 13). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi multimedia membuka potensi besar dalam perubahan cara belajar, cara memperoleh informasi dan sebagainya. Salah satunya, perkembangan multimedia di bidang pendidikan. Para guru dapat menarik perhatian para muridnya dengan perpaduan pembelajaran yang dipadukan dengan multimedia interaktif yang diperbanyak animasi sehingga dapat menarik perhatian murid. Tujuan dalam penelitian ini yaitu membangun aplikasi multimedia interaktif yang dapat terhubung dengan database, agar saat setelah peserta didik melakukan kegiatan ujian harian menggunakan aplikasi tersebut, guru mendapatkan hasil berupa nilai-nilai yang telah dikerjakan peserta didik diaplikasi. Dalam pembangunan multimedia interaktif kuis, metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini terdiri dari beberapa tahapan, antara lain concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Selain itu, aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adobe flash dikarenakan adobe flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi atau gambar bergerak serta dapat diputar melalui browser atau web. Hasil dari pembangunan aplikasi ini yaitu aplikasi kuis dapat digunakan untuk kegiatan ulangan harian mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Aplikasi yang sudah dibuat berbentuk dinamis, dimana soal yang ada pada kuis dapat diubah sewaktu-waktu oleh pendidik. Selain itu, data hasil kuis peserta dapat diunduh menjadi file miscrosoft excel untuk kemudahan pendidik merekapitulasi nilai dari peserta didik. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Kuis, Adobe Flash.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:54
Last Modified: 01 Mar 2018 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item