FARID AHMAD SIDDIQ, 135040104 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JAMUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK 1.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK 2.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK 3.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
18. BAB I.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
19. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
23. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Farid Ahmad Siddiq, 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Jamur. Pembimbing 1 Dr. H. Uus Toharudin, M.Pd., dan Pembimbing 2 Drs. H. Yusuf Ibrahim, M. Pd., M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar pada materi jamur. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan pesikomotor. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X IPA SMA PGRI Naringgul Kabupaten Cianjur pada kelas X IPA I (kelas eksperimen) dan kelas IPA II (kelas kontrol) dengan jumlah masing-masing kelas 26 orang siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua kali pertemuan, dari 18 Oktober sampai dengan 19 oktober 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir dan rubrik penilaian untuk mengukur ranah afektif dan pesikomotor. Data hasil instrumen tes pilihan ganda dianalisis dengan uji statistik berupa uji perbandingan nilai pretest dan posttest dari kedua kelas. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa terdapat rerata hasil pembelajaran pada kelas IPA I (kelas eksperimen) sebesar 5.35 dan kelas IPA II (kelas kontrol) sebesar 5.31. Hal tersebut menunjukan bahwa rerata kelas IPA I lebih besar dari pada kelas IPA II dengan taraf signifikasi >5% (.950). Sedangkan hasil penelitian posttest menunjukan bahwa terdapat perbandingan rerata 12.04 pada kelas eksperimen dan 9.38 pada kelas kontrol dengan signifikasi <5% (.000). Pembelajaran yang dilaksanakan selama penelitian, secara keseluruhan telah sesuai dengan langkah-langkah dalam model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan hasil belajar pada materi jamur. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Peserta Didik, Jamur.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Feb 2018 03:28 |
Last Modified: | 20 Feb 2018 03:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33172 |
Actions (login required)
View Item |