AJI PURNA NUGRAHA (2018) PENGKARYAA N PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL REGENERASI PENGRAJIN GERABAH KARANGANYAR. AJI PURNA NUGRAHA – 136010004. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
|
Text
1. Cover & Awal.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstract.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Gerabah atau getak merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar dan dibentuk menjadi berbagai keperluan rumah tangga ataupun sebagai dekorasi ruangan, salah satu tempat membuat gerabah ada di desa Karanganyar, kecamatan Kandanghaur, kabupaten Indramayu. Kondisi pengrajin gerabah di karanganyar hampir punah, pengrajin tinggal sedikit dan su dah tua. Mereka adalah generasi terakhir yang bisa membuat gerabah, setiap tahun jumlahnya berkurang karena pensiun atau meninggal. Hal ini di sebabkan oleh ma salah yang paling krusial yaitu tidak adanya penerus pengrajin gerabah. Selanjutnya yang menjadik an ini layak di jadikan penelitian adalah karena gerabah ini masih sangat laku tapi pembuatnya sedikit, tentu sangat disayangkan jika hal ini terus terjadi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana agar produksi gerabah tetap berlanjut dan bagaimana agar gen erasi muda tertarik melestarikan serta memproduksi gerabah. Dari hasil penelitian muncul solusi kampanye sosial berupa ajakan untuk mengenal tentang gerabah dan melakukan pelatihan gerabah agar generasi muda mau menjadi pengrajin gerabah, minimal menjadika n sebagai pekerjaan sampingan . Tahapan kampanye menggunakan m odel AISAS ( Attention, Interest, Search, Action, Share ) karena yang di kampanyekan adalah sebuah produk, jika pengrajinya meningkat pesat maka penjualanya juga harus meningkat disinilah tahap akhir (share di perlukan). Kesimpulan d ari data yang di peroleh peneliti sebenarnya ada beberapa pemuda yang mau menjad i pengrajin gerabah, apalagi saat mengetahui bahwa pendapatan pengrajin gerabah itu besar, jumlah pemuda yang ingin men jadi pengrajin gerabah meningka . Maka dari itu dalam mewujudkan penelitian regenerasi pengrajin gerabah ini menggunakan kampanye sosial d engan pendekatan ekonomi. Kata Kunci: Gerabah, pelestarian , pelatihan, pengrajin , ekonomi .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33044 |
Actions (login required)
View Item |