PENGKARYAA N PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL REGENERASI PENGRAJIN GERABAH KARANGANYAR. AJI PURNA NUGRAHA – 136010004

AJI PURNA NUGRAHA (2018) PENGKARYAA N PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL REGENERASI PENGRAJIN GERABAH KARANGANYAR. AJI PURNA NUGRAHA – 136010004. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
1. Cover & Awal.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Gerabah atau getak merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar dan dibentuk menjadi berbagai keperluan rumah tangga ataupun sebagai dekorasi ruangan, salah satu tempat membuat gerabah ada di desa Karanganyar, kecamatan Kandanghaur, kabupaten Indramayu. Kondisi pengrajin gerabah di karanganyar hampir punah, pengrajin tinggal sedikit dan su dah tua. Mereka adalah generasi terakhir yang bisa membuat gerabah, setiap tahun jumlahnya berkurang karena pensiun atau meninggal. Hal ini di sebabkan oleh ma salah yang paling krusial yaitu tidak adanya penerus pengrajin gerabah. Selanjutnya yang menjadik an ini layak di jadikan penelitian adalah karena gerabah ini masih sangat laku tapi pembuatnya sedikit, tentu sangat disayangkan jika hal ini terus terjadi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana agar produksi gerabah tetap berlanjut dan bagaimana agar gen erasi muda tertarik melestarikan serta memproduksi gerabah. Dari hasil penelitian muncul solusi kampanye sosial berupa ajakan untuk mengenal tentang gerabah dan melakukan pelatihan gerabah agar generasi muda mau menjadi pengrajin gerabah, minimal menjadika n sebagai pekerjaan sampingan . Tahapan kampanye menggunakan m odel AISAS ( Attention, Interest, Search, Action, Share ) karena yang di kampanyekan adalah sebuah produk, jika pengrajinya meningkat pesat maka penjualanya juga harus meningkat disinilah tahap akhir (share di perlukan). Kesimpulan d ari data yang di peroleh peneliti sebenarnya ada beberapa pemuda yang mau menjad i pengrajin gerabah, apalagi saat mengetahui bahwa pendapatan pengrajin gerabah itu besar, jumlah pemuda yang ingin men jadi pengrajin gerabah meningka . Maka dari itu dalam mewujudkan penelitian regenerasi pengrajin gerabah ini menggunakan kampanye sosial d engan pendekatan ekonomi. Kata Kunci: Gerabah, pelestarian , pelatihan, pengrajin , ekonomi .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:02
Last Modified: 13 Feb 2018 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item View Item