NIA YUNIATI, NPM : 158020087 PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PROSES YANG BERDAMPAK PADA CAPAIAN KKM GURU. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.
Text
jurnal tesis - Copy.docx Download (0B) |
|
Text
1 - Cover.docx Download (67kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (80kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (177kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (32kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan nasional merupakan tanggung jawab kita bersama, untuk merealisasikannya perlu didukung oleh kurikulum yang jelas, pengembangan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, proses pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana yang dikelola secara sistematis. Kurikulum merupakan penyangga utama dalam proses belajar mengajar, oleh sebab itu pentingnya pengembangan kurikulum berguna untuk membantu siswa dan guru dalam melakukan proses pembelajaran dengan baik dan efektif. Guru merupakan ujung tombak dari keberhasilan suatu pendidikan sebab profesi guru merupakan profesi intelektual yang menuntut berbagai kompetensi dan kemampuan komprehensif. Kondisi saat ini belum sesuai harapan, rendahnya mutu pendidik merupakan masalah yang dapat menghambat perkembangan pendidikan sehingga berdampak pada ketercapaian ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Pasundan 1 Bandung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis secara deskriptif dan verifikatif tentang pengembangan kurikulum, kompetensi guru, mutu proses dan pencapaian KKM guru. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan studi dokumentasi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian secara deskriptif membuktikan bahwa pengembangan kurikulum berada pada kriteria sangat baik, kompetensi guru berada pada kriteria sangat baik, mutu proses berada pada kriteria sangat baik dan capaian KKM Guru berada pada kriteria baik. Hasil penelitian secara verifikatif membuktikan bahwa pengembangan kurikulum dan kompetensi guru secara simultan dan parsial berpengaruh posisitf dan signifikan terhadap mutu proses serta mutu proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian KKM Guru. Dari hasil penelitian diharapkan pihak sekolah memberikan kesempatan guru untuk melaksanakan pengembangan diri secara berkala, meningkatkan kompetensi guru pada proses pembelajaran sehingga ketercapaian ketuntasan belajar siswa terus ditingkatkan, melakukan penelitian, pemberian bea siswa bagi guru untuk melanjutkan pendidikannya Kata kunci : Pengembangan Kurikulum; Kompetensi Guru; Mutu Proses; Capaian KKM
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 08:24 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 04:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33007 |
Actions (login required)
View Item |