PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA GAYA DAN GERAK DI KELAS V SDN KARANGHARJA 03 ( Penelitian Tindakan Kelas Selalu Berhemat Energi Sekitar Subtema Gaya Dan Gerak Di Kelas IV SDN Karangharja 03 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi)

ASEP SAEFUDIN, 135060284 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA GAYA DAN GERAK DI KELAS V SDN KARANGHARJA 03 ( Penelitian Tindakan Kelas Selalu Berhemat Energi Sekitar Subtema Gaya Dan Gerak Di Kelas IV SDN Karangharja 03 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER[1].pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_indonesia[1].pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_inggris[1].pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_sunda[1].pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_1[1].pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_2[1].pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab_3[1].pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text
Bab_4[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab_5[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada subtema gaya dan gerak. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Karangharja 03. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Karangharja 03 yang tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga suasana belajar menjadi tidak aktif dan hasil belajar yang relatif kurang memenuhi KKM .Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencana an, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Tipe Jigsaw. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan pretes dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I sebesar 52%, siklus II 63% yang memenuhi KKM dan siklus III 85% yang memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatife sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran subtema gaya dan gerak. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Gaya dan Gerak, Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:27
Last Modified: 02 Feb 2018 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32814

Actions (login required)

View Item View Item