MAYA RIZWA, 135050011 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MODEL OPEN ENDED DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
6ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Maya Rizwa, “Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMA yang Memperoleh Pembelajaran Model Open Ended dan Problem Based Learning (PBL)”. Pendekatan Open Ended adalah pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu masalah terbuka yang mempunyai penyelesaian masalah lebih dari satu penyelesaian. Problem Based Learning adalah model pembelajaran siswa pada masalah autentik, sehingga ia bisa menyusun pengetahuannya sendiri. Pendekatan Open Ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman menemukan, mengenali dan memecahkan maalah dengan beberapa teknik. Pendekatan Open Ended menempatkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (2) mengetahui sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 (Open Ended) dan kelas XI IPS 2 (Problem Based Learning). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Berpikir Kreatif dan angket skala Disposisi Matematis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan IBM SPSS Statistik 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning. Akan tetapi sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended. Kata Kunci : Open Ended, Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 02:17 |
Last Modified: | 02 Feb 2018 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32813 |
Actions (login required)
View Item |