Perbaikan Proses Bisnis Di Lini Produksi Dengan Menggunakan Value Stream Mapping (Studi Kasus: PT. Vilour Promo Indonesia)

DIKI APRIYANTO, 123010052 and Mohammad Syarwani, DS and Iman Firmansyah, DS (2018) Perbaikan Proses Bisnis Di Lini Produksi Dengan Menggunakan Value Stream Mapping (Studi Kasus: PT. Vilour Promo Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 123010052.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (366kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Vilour Promo Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dalam produksi perlengkapan olahraga. Seiring dengan banyaknya permintaan produksi perlengkapan olahraga seperti pakaian t-shirt, training suit, topi, jaket, polo shirt dan perlengkapan lainya. guna pembangunan sebuah industri dalam bidang perlengkapan olahraga maka menuntut perusahaan untuk menjalankan proses produksinya secara efisien guna menciptakan suatu produk pakaian yang memiliki kualitas dan mutu yang baik. dengan banyaknya permintaan pemesanan pakaian. Sering terjadinya kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat proses pembuatan Polo Shirt dibagian Penjahitan, Kesalahan yang sering terjadi seperti jahitan kurang rapi karena tegangan benang terlalu kencang, benang terlalu kaku, dan jarum mesin jahit sudah tumpul ketika sudah tumpul tepat jatuh pada posisi benang anyaman kain, maka kain akan tertarik ikut jarum tumpul dan terjadi kerutan. banyaknya defect pada produk polo shirt pada bulan maret hingga juli tahun 2017 dan adanya pemborosan terhadap waktu proses pada produksi pembuatan Polo Shirt. Artinya kesalahan-kesalahan tersebut merupakan suatu pemborosan (waste), maka dari itu harus di identifikasi penyebab dari terjadinya pemborosan serta memberikan perbaikan terhadap aktivitasaktivitas pemborosan tersebut. perbaikan yang diterapkan adalah dengan menggunakan future state mapping yang bertujuan untuk melakukan eliminasi terhadap waktu proses yang dianggap suatu pemborosan, kemudian dengan menggunakan fisbone diagram dan 5w1h guna untuk mengetahui dimana letak pemborosan yang terjadi pada proses pembuatan polo Shirt sekaligus memberikan perbaikan didalamnya, berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas yang menyebabkan terjadinya pemborosan terhadap waktu pada proses pemotongan, penjahitan dan obras mengakibatkan mesin macet kurangnya perawatan. Akibat pemborosan tersebut diketahui bagian penjahitan dan obras sehingga ditemukan produk defect 362/pcs polo shirt dalam kurun waktu lima bulan. Kata Kunci : produksi, pemborosan, usulan perbaikan, fisbone, 5W1H, value stream mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Feb 2018 11:04
Last Modified: 01 Feb 2018 11:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32808

Actions (login required)

View Item View Item