PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERORIENTASI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KARAKTERISASI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI

R. RUTININGSIH, NIM 148090023 (2017) PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERORIENTASI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KARAKTERISASI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
JUDUL JURNAL.docx

Download (40kB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (56kB)

Abstract

Membaca dan menulis merupakan dua keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh peserta didik. Akan tetapi, hasilobservasi di SMAN 1 Baleendah menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (a) perbedaan aktivitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik dan yang konvensional, (b) perbedaan kreativitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik dan yang konvensional, (c) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik dan yang konvensional, (d) tanggapan peserta didik dan pengamat terhadap pemanfaatan model sinektik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods tipe the embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Baleendah dan sampel dipilih secara acak (random sampling), yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes kemampuan mengungkapkan karakterisasi tokoh, dan soal nontes berupa angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh simpulan: 1) Aktivitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini didukung oleh data indeks gain dengan perbandingan 35,64:21,50. 2) Kreativitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini didukung oleh data indeks gain dengan perbandingan 16,20 : 13,46. 3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran sinektik lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini didukung oleh data indeks gain dengan perbandingan 21,12 : 18,34. 4) Tanggapan peserta didik dan pengamat terhadap model pembelajaran sinektik mencapai rerata skor 43,58 dan 46,50 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran sinektik sangat tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran mengungkapkan karakterisasi tokoh dalam teks biografi. Kata kunci: model sinektik, aktivitas, kreativitas, hasil belajar, teks biografi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Dec 2017 06:36
Last Modified: 13 Dec 2017 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32210

Actions (login required)

View Item View Item