NENG CITRA SITI RODIAH, 135040065 (2017) EFEKTIVITAS MEDIA ALAT PERAGA SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media alat peraga sel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA angkatan 2017/ 2018 SMAN 18 Bandung. Dengan sampel yaitu 2 kelas. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Jenis instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes untuk mengukur ranah kognitif yang terdiri dari soal pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata pretest 34,27 dan posttest 80,40, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 42,87 dan posttest 77,07. Berdasarkan uji hipotesis perbandingan dua rerata pada data pretest menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,014 yang berarti data pretest tersebut dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan data posttest menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,027 yang berarti data posttest tersebut dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka H a diterima dan H o ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar tersebut karena adanya pengaruh dari penggunaan media alat peraga yang dapat memperjelas konsep, menjadikan siswa belajar aktif dan mandiri, meningkatkan perhatian dan motivasi siswa, membuat panca indera siswa ikut terlibat aktif, dan mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Alat Peraga, Struktur dan Fungsi Sel.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 06:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 06:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31354 |
Actions (login required)
View Item |