Galih Prayoga, 125060132 (2017) “PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN DISIPLIN SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fix.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II fix.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III revisi bu tati.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.rtf revisi.rtf1.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
Text
BAB V galih.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap teliti serta disiplin dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup sub tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap teliti serta disiplin dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup sub tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap teliti dan sikap disiplin ketuntasan siswa mencapai 72% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori terlihat, dan pada siklus II persentase sikap teliti dan sikap disiplin ketuntasan siswa mencapai 96% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat terlihat. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap teliti dan sikap disiplin siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran tematik Tema Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan rumahku. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Teliti, Disiplin, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 04:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31351 |
Actions (login required)
View Item |