RISKA PURNAMA SARI, 125040032 (2017) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PROYEK MULTIMEDIA TENTANG SEL PADA SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS-1.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I baru.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
BAB V fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SEMUA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Multimedia didalam pembelajaran diindonesia telah banyak digunakan dan diterapkan guru-guru untuk membantu siswa dalam memahami bermacam-macam konsep dalam berbagai mata pelajaran. Namun dilapangan, multimedia kebanyakan hanya ditayangkan begitu saja sehingga pengalaman belajar yang didapat oleh siswa hanya menonton saja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pemanfaatan multimedia dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kreatifitas belajar siswa pada konsep sel dengan jalan memberikan kesempatan siswa untuk lebih mengeksplor kreatifitas yang dimilikinya melalui pembuatan video.Dengan mendapatkan pengalaman untuk langsung terjun kedalam pembelajaran tersebut siswa akan lebih dapat memaksimalkan potensi-potensi yang ada didalam dirinya tersebut, sehingga siswa akan lebih bersemangat untuk mendalami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimendengan subyek penelitian berjumlah 54 orang yang berasal dari kelas X dan dibagi menjadi dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Siswa pada kelas kontrol akan mendapatkan pengalaman belajar berupa menyimak video yang telah disiapkan oleh guru, sementara kelas eksperimen akan mendapatkan pengalaman belajar berupa membuat video dengan model pembelajaran project based learning. Data hasil penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep siswa,rubric penilaian produk kreatif berdasarkan tingkat kreatifitas siswa dan rubric penilaian projek siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep, kreatifitas belajar siswa lebih tinggi terjadi pada kelas yang membuat video dibandingkan kelas yang hanya menonton video. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kreatifitas, Multimedia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 02:38 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 02:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31251 |
Actions (login required)
View Item |