SED AINA MUTI, 135040076 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KESEDIAAN SISWA UNTUK SELALU BELAJAR PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
7.1 ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
7.2 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (746kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah peningkatkan hasil belajar pada kesediaan siswa untuk selalu belajar dalam pembelajaran di kelas pada konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen (Pre-Eksperimental Design). Desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas X IPA di salah satu SMA Pasundan 3 Bandung dengan jumlah 26 orang. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil belajar siswa yaitu kognitif. Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda untuk mengukur kognitif dan instrumen non-tes yang mengukur ranah afektif dan ranah psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada ranah kognitif mendapat nilai N-Gain 0,71 dengan kriteria tinggi. Setelah dilakukan penilaian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan hasil uji t terlihat bahwa nilai signifikan (sig. 2 tailed) dengan uji t berpasangan adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima atau terdapat perbedaan secara signifikan antara data pretest dan postest, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor diperoleh data rata-rata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kesediaan siswa untuk selalu belajar pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kesediaan siswa untuk selalu belajar, Pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 01:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 01:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31157 |
Actions (login required)
View Item |