PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN ASESMEN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL

Pepa Apriyani, 135040154 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN ASESMEN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 ABSTRAK INDO.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
07 ABSTRAK INGG.pdf

Download (84kB)
[img] Text
07 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
13 BAB I FIX.pdf

Download (200kB)
[img] Text
14 BAB II FIX.pdf

Download (713kB)
[img] Text
15 BAB III FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
18 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran PBL dengan asesmen autentik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel. Hal ini didasari perlunya penggunaan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang menuntut siswa menjadi proaktif, sehingga membangkitkan motivasi belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Pasundan 8 yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, lembar penilaian sikap, dan lembar penilaian keterampilan. Setelah melakukan penelitian dan analisis, diperoleh data berupa nilai rata-rata pretest siswa sebesar 47,29, nilai rata-rata posttest sebesar 78,71 dengan nilai indeks gain sebesar 0,55 menunjukan kategori sedang. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa hipotesis dari peneliti adalah benar, yaitu bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dengan asesmen autentik pada materi sel mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Asesmen Autentik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:43
Last Modified: 21 Oct 2017 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31128

Actions (login required)

View Item View Item