NIDA ANNISA NURSHIYAM, 135040079 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
012. BAB I DONE.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
013. BAB II DONE FIKS.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
014. BAB III DONE.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text
015. BAB IV REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
016. BAB V SELESAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
Text
02. daftar pustaka.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan metakognisi siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada kemampuan metakognisi. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 2 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,46 atau mencapai kriteria sedang, penilaian pada aspek afektif mendapat jumlah rata-rata skor 82,16 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian pada aspek psikomotor mendapat jumlah rata-rata rata-rata skor yang dihasilkan dari penilaian produk adalah 95,00 atau telah mencapai kriteria sangat baik. Hasil Uji kolerasi aspek kognitif dengan nilai afektif memiliki nilai koefesien korelasi 0.455, nilai afektif dengan nilai psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi 0.655 dengan signifikasi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan metakognisi siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Habits of Mind, Metakognisi, Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 07:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31124 |
Actions (login required)
View Item |