SANDY ASHYAR, 135040090 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RESPONDING WITH WONDERMENT AND AWE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK 1.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK 2.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK 3.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB I PENDAHULUAN RESPONDING.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
18. BAB II RESPONDING.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
19. BAB III RESPONDING.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text
20. BAB IV RESPONDING.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
21. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Responding with Wonderment and Awe pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada kebiasaan Responding with Wonderment and Awe. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 3 di SMA Negeri 1 Parongpong dengan jumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada ranah kognitif mendapat nilai N-Gain 0,56 dengan kriteria sedang, penilaian sikap dan keterampilan yang diperoleh dari penilaian pengamatan sikap menunjukkan nilai 83,94 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian kinerja berupa observasi dan diskusi menunjukkan nilai 81,00 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian produk menunjukkan nilai 81,34 atau mencapai kriteria sangat baik, dan diperkuat oleh penilaian persepsi siswa (angket) menunjukkan nilai 79,45 atau mencapai kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan Responding with Wonderment and Awe pada konsep keanekaragaman hayati. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Responding with Wonderment and Awe, keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 06:47 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 06:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31111 |
Actions (login required)
View Item |