PEGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJA SAMA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Makananku Sehat Dan Bergizi Pada Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi Di Kelas IV SD Negeri Cipagalo 2 Kabupaten Bandung Tahun 2016-2017)

MUHAMAD REZA RAMDANI, 135060226 (2017) PEGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJA SAMA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Makananku Sehat Dan Bergizi Pada Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi Di Kelas IV SD Negeri Cipagalo 2 Kabupaten Bandung Tahun 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Cipagalo 2 Kabupaten Bandung . Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN Cipagalo 2 yang tidak aktif didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah atau konvensional yang menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang lain khususnya Discovery Learning belum pernah dilaksanakan. penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sikap kerjasama pada siklus I nilai rata – rata yang diperoleh adalah 66.08% dengan kategori kurang, pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh adalah 69.43% masih dalam kategori kurang , dan dalam siklus III nilai rata – rata diperoleh dalam kategori baik yaitu 88%. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sangat menunjang terhadap peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema makananku sehat dan bergizi kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci: Discovery Learning, Kerjasama dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:38
Last Modified: 19 Oct 2017 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31042

Actions (login required)

View Item View Item