TENI SETIYANI, 135060304 (2017) PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SD PLUS AL-FATWA BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas IV Subtema 3 SD Plus Al-Fatwa Bandung Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dalam belajar siswa dengan menggunakan model quantum teaching pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Plus Al-Fatwa. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar, hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa yang meningkat. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa mendapatkan kategori rendah sebanyak 50% . Pada siklus II aktivitas belajar siswa mendapatkan kategori tinggi sebanyak 76% . Pada siklus III rata-rata aktivitas belajar siswanya tinggi sebanyak 96% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 70%, siklus II rata-rata hasil belajar siswa 79%, siklus III rata-rata hasil belajar siswa 92%. Pada siklus I hasil rata – rata pretest peserta didik mencapai 65,3 dan hasil posttest peserta didik mencapai 85.3 dengan kategori tuntas. Siklus II hasil rata – rata pretest peserta didik mencapai 68,4 dan hasil posttest peserta didik mencapai 86.1 dengan kategori tuntas. Siklus III hasil rata – rata pretest peserta didik mencapai 85,3 dan hasil posttest peserta didik mencapai 90 dengan kategori tuntas. Berdasarkan analisis data penelitian yang di peroleh maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar. Kata Kunci : Quantum Teaching, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 06:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30987 |
Actions (login required)
View Item |