PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA ((Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV B SDN Cibeureum Cianjur)

DESI SOPIANI, 135060253 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA ((Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV B SDN Cibeureum Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui penerapan model discovery learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV B SDN Cibeureum Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki nilai hasil belajar kurang memuasakan dikarenakan guru kurang menguasai model disovery learning, akbiatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis and Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklu dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap model discovery learning. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (postest), angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 64%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III menjadi 90%. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 60%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III menjadi 91%. Hasil belajar pada ranah afektif sikap percaya diri pada siklus I mencapai 43%, siklus II sebesar 67% dan siklus III meningkat mencapai 87%, sikap peduli pada siklus I mencapai 50%, siklus II sebesar 73% dan siklus III meningkat mencapai 90%, sikap tanggung jawab pada siklus I mencapai 40%, siklus II sebesar 60% dan siklus III me ningkat mencapai 90%. Selanjutnya pada ranah kognitif siklus I mencapai 47%, siklus II sebesar 63% dan siklus III meningkat mencapai 93%, dan hasil belajar pada ranah psikomotor (keterampilan komunikasi) pada siklus I mencapai 50, siklus II sebesar 73% dan siklus III meningkat mencapai 90%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan meggunakan model discovery learning yang digunakan pendidik sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:14
Last Modified: 18 Oct 2017 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30963

Actions (login required)

View Item View Item