PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas III SD YKPPK Bandung Wetan Kota Bandung Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018)

MILA CONSILIA, 135060211 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas III SD YKPPK Bandung Wetan Kota Bandung Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Sunda.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center)dan rendahnya nilai hasil belajar siswa. sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap santun, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelit ian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD YKPPK Bandung, sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Discovey Learning yang terdiri dari 6 tahap, yaitu Stimulasi (pemberian perangasangan), Problem Stetement (mengidentifiksi masalah), Data Collection (pengumpulan data), Data Proccesing (pengolahan data), Verification (Pembuktian), Generalization (Generalisasi/menarik kesimpulan). Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap santun, peduli, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 67% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 33%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 88% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 13%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 23 orang atau sebesar 96% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori kurang (D). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:43
Last Modified: 18 Oct 2017 02:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30943

Actions (login required)

View Item View Item