MUHAMAD IQBAL HIBATULLAH, 135060303 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SERTA HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TWO STAY TWO STRAY PADA SUBTEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SDN 043 CIMUNCANG BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indo, Inggris, dan Sunda.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Skripsi ACC.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II skripsi ACC.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Skripsi ACC.pdf Download (690kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Skripsi ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V Skripsi ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis memiliki rumusan masalah diantaranya Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V SDN 043 Cimuncang?. Tujuan penelitian ini diantaranya ingin mengetahui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan penerapan model pembelajaran Cooperative Two Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti mengetahui dan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Two Stay Two Stray sehingga dapat meningkatkan Komunikasi siswa dan hasil belajar dalam subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V dengan penilaian persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu 3,74 dan penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu 3,52, serta dengan penilaian komunikasi belajar siswa dengan presentase 76,8% dan dikategorikan baik .Penilaian hasil belajar yang di ambil dari 20% pretest dan 80% postest dengan nilai rata-rata 74. Di dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan baik dalam penilaian komunikasi belajar siswa maupun hasil pretest dan postes. Pada akhirnya data yang diperoleh pada saat pra siklus telah meningkat pada siklus I,II, dan III dengan data awal hasil belajar siswa 36,8% meningkat menjadi 84,2%. Penelitian ini semoga saja bisa menjadi bahan acuan agar tercapainya komunikasi serta hasil belajar ditingkat sekolah dasar manapun, sehingga pembelajaran terlihat lebih aktif dengan melibatkan siswa disetiap pembelajarannya. Kata Kunci : Cooperative Two Stay Two Stray , Komunikasi , dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30911 |
Actions (login required)
View Item |