Refvi Arini Yuana Putri, 135050073 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC FIX.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK FIX.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka fix.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; 2) Mengetahui selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPNegeri 6 Cikarang Utara. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 16.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) Selfconfidence siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell, Self-Confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30907 |
Actions (login required)
View Item |