PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Simpang 1 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Kelas IV)

AGUNG PRATAMA, 135060049 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Simpang 1 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Kelas IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas IV pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Simpang 1, sebanyak 25 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase motivasi siswa mencapai 59,45% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase motivasi siswa mencapai 75,50% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus III persentase motivasi siswa mencapai 86,27% dari keseluruhan siswa. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 84% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 16% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Simpang 1 pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi . Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:55
Last Modified: 17 Oct 2017 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30894

Actions (login required)

View Item View Item