PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TEHADAP MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMK 6 BANDUNG

Ayu Aulia, 135010048 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TEHADAP MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMK 6 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Nomor Daftar.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 6 Bandung pada Mata Pelajaran PPKn Semester Ganjil Tahun ajaran 2017/2018. Objek penelitian ini bertempat di SMKN 6 Bandung . Populasi yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas X yang berjumlah 85 siswa, oleh sebab itu penulis melakukan studi populasi dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah pemanfaatan media video dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn (3) untuk mengetahui cara yang efektif dalam memotivasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survey dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana dan koefisi en determinasi. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “karena banyaknya siswa yang merasa jenuh maka penggunaan media video pada pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa” Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara variabel X dengan variabel Y sebesar 0,831 yang artinya korelasi tersebut bertanda positif. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y= 3,513 + 0,876X artinya bahwa setiap media video bertambah 3,513 maka motivasi belajar siswa meningkat sebesar 0,876. Untuk mngetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Penggunaan Media Video) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 69,1% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain baik dari dalam maupun dari luar lingkungan belajar peserta didik. Kesimpulan hipotesis penelitian ini yaitu dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan media video terutama pada mata pelajaran PPKn, kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan aga dapat melakukan penelitian serupa dengan media yang berbeda sehing ga diperoleh alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya serta kepada pihak sekolah agar terus meningkatkan sarana pendukung guna memperlancar proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci : Media Video dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:34
Last Modified: 17 Oct 2017 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item