FITRIA HASANAH, 135060092 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (PenelitianTindakanKelasdi kelasIV SDNegeriMulyasari 2 Ciampel Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK inggris.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Mulyasari 2 dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together (nht). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran numbered head together. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes (pretestt dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas, lembar observasi, penilaian sikap dan keterampilan peserta didik, untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan keterampilan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mulyasari 2 yang berjumlah 26 orang. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu dengan presentase sebanyak 23% sedangkan pada siklus II dengan prsentase mencapai 50% dan siklus III sebanyak 92%. Penilaian sikap peserta didik pada siklus I dengan presentase 19% sedangkan siklus II sebanyak 46% dan siklus III 88%. Penilaian keterampilan pada siklus I dengan presentase 38% dan siklus II 57% kemudian siklus III sebanyak 88%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN mulyasari 2 ciampel karawang. Kata kunci : numbered head together, hasil belajar, sikap dan keterampilan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:28 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30881 |
Actions (login required)
View Item |