PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN COBLONG PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA

RISKA SARIMAYA, 135060086 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN COBLONG PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER RISKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ikaa.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.docx revisi.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V ika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka ika docx.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Coblong, sebanyak 42 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab masih kurang. Pada siklus II kecenderungan sikap siswa adanya peningkatan. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa banyak peningkatan dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 9 orang atau sebesar 21,42% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 33 orang siswa atau sebesar 78,57%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 42,85% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 24 orang siswa atau sebesar 57,14%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 35 orang atau sebesar 83,33% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang siswa atau sebesar 16,66%. Sikap percaya diri siswa pada siklus I mendapat nilai 28,57, Pada siklus II meningkat menjadi 50%, padasiklus III menjadi 83,33%. Sikap peduli siswa pada siklus I mendapat nilai 23,80%, Pada siklus II meningkat menjadi 52,38%, padasiklus III menjadi 88,09%. Sikap tanggung jawab siswa pada siklus I mendapat nilai 21,42%, Pada siklus II meningkat menjadi 54,76%, padasiklus III menjadi 92,85%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa hanya mendapatkan nilai 19,04 %. Pada siklus II keterampilan siswa meningkat menjadi 33,33%, Pada siklus III keterampilan siswa cenderung mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi 80,95%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:59
Last Modified: 17 Oct 2017 04:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item