MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malangbong 1 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut)

RESTI MEITA SUKMAWANTI, 135060151 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malangbong 1 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 caver 3.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK 2.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK 2.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK 2.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 pdf.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III bismllah Jadi.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
bab IV bismillah2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab V bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pelestarian Kekayaan Alam Di indonesia kelas IV SD Negri Malangbong 1 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut dengan menggunakan Model Problem Based Learning. Prosedur pembelajaran juga sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa dan model pembelajaran juga sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus yang terdiri dari pelaksanaan, observasi dan refleksi Teknik evaluasi yang digunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar dan teknik non tes untuk mengetahui penilaian Sikap peduli, sikap percaya diri, pemahaman dan keterampilan berkomunikasi. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa persiklus. Siklus I 75%, siklus II 80% dan siklus III 94%. Maka dari itu, pengguna model Problem Based Learning sangat cocok di gunakan pada proses pembelajaran hal ini di sebabkan karena siswa aktif dan mudah memahami materi yang diberikan guru. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa model Problem Based Learning sangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negri Malangbong 1 pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Kata Kunci :Problem Based Learning, hasil belajar, kognitif, afektif dan pisikomotor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:01
Last Modified: 17 Oct 2017 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30857

Actions (login required)

View Item View Item