MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SERTA PEMAHAMAN SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA DENGAN MENGGUNGAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018)

AGUNG MULYA, 135060299 (2017) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SERTA PEMAHAMAN SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA DENGAN MENGGUNGAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan pemahaman siswa dengan menggunakan model cooperative learning two stay two stray pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema pelestarian hewan dan tumbuhan langka. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 043 Cimuncang dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan tanggung jawab serta pemahaman siswa di dalam proses pembelajaran yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning two stay two stray, yaitu dengan cara berkelompok dimana dalam kelompok tersebut dua orang bertindak sebagai pengunjung dan dua orang lainnya menerima tamu dari kelompok lain untuk bertukar informasi guna membantu pemahaman siswa. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui pemahaman siswa, penilaian tanggung jawab dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian tanggung jawab dan hasil tes pemahaman. Pada penilaian tanggung jawab nilai rata-rata siklus 1 yaitu 65,38 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 88,46. Pemahaman siklus 1 nilai rata-rata yaitu 61,53, dan pemahaman siklus 2 rata-rata nilai mencapai 88,46. Hal ini menunjukkan bahwa dengan model cooperative learning two stay two stray dapat meningkatkan tanggung jawab dan pemahaman siswa pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka di kelas III SDN 043 Cimuncang. Kata kunci: Cooperative learning Two stay two stray,tanggung jawab,pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:55
Last Modified: 17 Oct 2017 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item View Item