Siti Widiastuti Pujiaswati, 135050071 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF – CONCEPT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. Cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
kurikulum tingkat satuan pendidikan disebutkan bahwa mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma, secara luwes, akurat, efisiens, dan tepat, dalam pemecahan masalah. Akan tetapi, kenyataannya kemampuan pemahaman matematisnya masih rendah, Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis yang memperoleh pembelajaran Round Club lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah Self-Concept siswa yang memperoleh model pembelajaran Round Club lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara model pembelajaran Round Club dan Self-Concept siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Round Club. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populisi dalam penelitian ini adalah siswa SMK. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan Self-Concept siswa. Tes yang digunakan adalah tes uraian soal-soal kemampuan pemahaman matematis, sedangkan Self-Concept menggunakan model Skala Likert yang berisikan pertanyaan-pernyataan siswa mengenai pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model Round Club dan soal-soal kemampuan pemahaman matematis. Tes diujikan terlebih dalulu. Dari hasil uji coba tersebut, diperoleh hasil validitas sedang dan tinggi, realibilitas yang berkategori tinggi, indeks kesukaran yang mudah, sedang dan sulit, serta daya pembeda cukup dan baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, semua soal dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakuakan dengan menggunakan Uji-t melalui program SPSS 18.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Indenpenden Sampel t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman siswa yang memperoleh model pembelajaran Round Club lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (2) pencapaian Self-Concept siswa yang memperoleh pembelajaran Round Club lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) tidak terdapat korelasi antara Self-Concept siswa dengan kemampuan pemahaman matematis. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Round Club, Self-Concept
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30839 |
Actions (login required)
View Item |