Dewi Mulyamah, 135060110 (2017) PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Gentra Masekdas Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan multimedia pembelajaran pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki motivasi dan hasil belajar yang kurang memuaskan, dikarenakan guru tidak menggunakan media yang inovatif dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan sikap santun, peduli, motivasi, keterampilan dan hasil belajar siswa. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu dengan persentase sebanyak 35,71% sedangkan pada siklus II dengan persentase mencapai 69,04% dan siklus III sebanyak 92,85%. Penilaian sikap santun pada siklus I dengan presentase 59,67% sedangkan siklus II sebanyak 67,11% dan siklus III 80,95%. Penilaian sikap peduli pada siklus I dengan presentase 59,97% sedangkan siklus II sebanyak 65,17% dan siklus III 83,18%. Penilaian motivasi pada siklus I dengan presentase 60,96% sedangkan siklus II sebanyak 70,36% dan siklus III 86,85%. Penilaian keterampilan pada siklus I dengan presentase 50% sedangkan siklus II sebanyak 69,04% dan siklus III 88,09%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Multimedia dapat meningkatkan sikap santun, peduli, motivasi, keterampilan dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : Multimedia, Motivasi, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30831 |
Actions (login required)
View Item |