Desi Nurjanah, 135060091 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Rancasawo 2 Jl. Rancasawo No.50 Kelurahan Margasari Kecamatan Buah Batu Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.COVER .pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
7.abstrak bahasa indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8.abstrak bahasa inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9.abstrak bahasa sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
16.BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
17.BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
18.BAB III.pdf Download (855kB) | Preview |
|
Text
19.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
20.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
21.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya sikap kerjasama siswa masih rendah, sebagian besar hasil belajar siswa masih rendah belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta pada proses pembelajaran masih berpusat pada guru dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional. Solusi dari permasalahnya ialah dengan menggunakan model PBL dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Model pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai pada suatu masalah nyata sehingga siswa memiliki keterampilan berpikir kritis serta mampu menyelesaikan suatu masalah tersebut. Metode penelitian yang yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus. Hasil pada siklus I persentase sikap kerjasama sebelum pembelajaran sebesar 22%, sesudah pembelajaran sebesar 41%. Sedangkan persentase hasil belajar pretest sebesar 32% posttest sebesar 65% yang memenuhi KKM. Hasil pada siklus 2 sikap kerjasama sebelum pembelajaran sebesar 41%, sesudah pembelajaran sebesar 73% yang memenuhi KKM. Sedangkan hasil belajar pretest sebesar 38% posttest sebesar 78%. Hasil pada siklus III sikap kerjasama sebelum pembelajaran sebesar 62%, sesudah pembelajaran sebesar 89%, sedangkan hasil belajar pretest sebesar 65% posttest sebesar 95% yang memenuhi KKM. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas III SDN Rancasawo 2 pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Dengan demikian model PBL dapat dijadikan metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa di kelas III sekolah dasar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 08:08 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 08:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30790 |
Actions (login required)
View Item |