SANDIKA, 135060113 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa indonesia (135060113).pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa inggris (135060113).pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa sunda (135060113).pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 sandika (135060113).pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 sandika (135060113).pdf Download (975kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3 sandika (135060113).pdf Download (843kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 sandika (135060113).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5 sandika 135060113).pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi sandika.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema sumber energi di kelas IV SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase sebesar 53,71%, siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar 90,74% dengan nilai rata -rata pada siklus I sebesar 65,37, siklus II 73,34, dan siklus III 85,55. Sikap percaya diri siswa memperoleh nilai pada siklus I dengan persentase sebesar 44,45%, siklus II sebesar 70,37% dan siklus III sebesar 94,45% dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65,94, siklus II 76,73% dan siklus III 89,75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema sumber energi. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 07:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 07:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30787 |
Actions (login required)
View Item |