Harlyna, 135060109 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu kerja sama dan hasil belajar siswa yang rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan kurang memberikan kegiatan yang menarik untuk siswa sehingga hasilnya siswa kurang menarik untuk mngikuti pembelajaran pada subtema macam-macam sumber energi. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran PBL yang bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar siswa pada subtema macam-macam sumber energi di kelas IV meningkat bila digunakan model pembelajaran PBL dalam subtema macam-macam sumber energi. Penelitian dilaksanakan di SDN Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang dengan populasi siswa kelas IV berjumlah 29 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 65,5% sedangkan siklus II mencapai 68,9% dan siklus III mencapai 100%. Hasil belajar siklus I yaitu 66,9% dan hasil belajar pada siklus II yaitu 72,4% dan hasil belajar siklus III yaitu 93,1%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema macam-macam sumber energi di kelas IV SDN Sirnagalih. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajara PBL yang digunakan oleh pendidik sudah tepat. Terbukti dengan adanya peningkatan presentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL) Kerja Sama dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 07:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30776 |
Actions (login required)
View Item |