PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang)

Harlyna, 135060109 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu kerja sama dan hasil belajar siswa yang rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan kurang memberikan kegiatan yang menarik untuk siswa sehingga hasilnya siswa kurang menarik untuk mngikuti pembelajaran pada subtema macam-macam sumber energi. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran PBL yang bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar siswa pada subtema macam-macam sumber energi di kelas IV meningkat bila digunakan model pembelajaran PBL dalam subtema macam-macam sumber energi. Penelitian dilaksanakan di SDN Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang dengan populasi siswa kelas IV berjumlah 29 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 65,5% sedangkan siklus II mencapai 68,9% dan siklus III mencapai 100%. Hasil belajar siklus I yaitu 66,9% dan hasil belajar pada siklus II yaitu 72,4% dan hasil belajar siklus III yaitu 93,1%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema macam-macam sumber energi di kelas IV SDN Sirnagalih. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajara PBL yang digunakan oleh pendidik sudah tepat. Terbukti dengan adanya peningkatan presentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL) Kerja Sama dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:10
Last Modified: 16 Oct 2017 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30776

Actions (login required)

View Item View Item