Sri Mulyani, 135060130 (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Komplek Karang Taruna Sari Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. Cover skripsi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak b.indo.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 1.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB 2.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB 3.pdf Download (825kB) | Preview |
|
Text
18. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
19. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN Komplek Karang Taruna Sari dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak kriteria ketuntasan minimal karena guru sering menggunakan motode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) yaitu terdiri 8 fase yaitu melakukan pretest, memberikan materi secara singkat, membentuk kelompok kecil yang heterogen, mengerjakan LKS secara berkelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompok, memberikan postest, menetapkan kelompok terbaik, dan memberikan tes formatif. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian keaktifan dan lembar observasi untuk mengetahui kegaiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Pada penilaian keaktifan nilai rata-rata siklus 1 yaitu 57,73 sedangkan siklus 2 mencapai 67,31 dan siklus 3 mencapai 82,01 Hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata yaitu sebesar 65,66, pada siklus 2 mencapai 70,16 dan hasil belajar pada siklus 3 mencapai 76,33. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV SDN Komplek Karang Taruna Sari. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe TAI, keaktifan, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 06:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 06:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30753 |
Actions (login required)
View Item |