PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Komplek Karang Taruna Sari Bandung)

Sri Mulyani, 135060130 (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Komplek Karang Taruna Sari Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak b.indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB 2.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB 3.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
18. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN Komplek Karang Taruna Sari dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak kriteria ketuntasan minimal karena guru sering menggunakan motode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) yaitu terdiri 8 fase yaitu melakukan pretest, memberikan materi secara singkat, membentuk kelompok kecil yang heterogen, mengerjakan LKS secara berkelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompok, memberikan postest, menetapkan kelompok terbaik, dan memberikan tes formatif. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian keaktifan dan lembar observasi untuk mengetahui kegaiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Pada penilaian keaktifan nilai rata-rata siklus 1 yaitu 57,73 sedangkan siklus 2 mencapai 67,31 dan siklus 3 mencapai 82,01 Hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata yaitu sebesar 65,66, pada siklus 2 mencapai 70,16 dan hasil belajar pada siklus 3 mencapai 76,33. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV SDN Komplek Karang Taruna Sari. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe TAI, keaktifan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:07
Last Modified: 16 Oct 2017 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30753

Actions (login required)

View Item View Item