PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

Putra Dwi Utama, NPM. 148060076 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL THESIS - PUTRA DWI UTAMA_MPM.docx

Download (59kB)

Abstract

Kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa yang kurang dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari menjadi masalah dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model guided discovery . Populasi adalah keseluruhan objek yang diteliti. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa kelas eksperimen 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan metode tes dengan instrumen tes kemampuan koneksi matematis serta skala disposisi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik berupa Independent sample t-test dan Uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model guided discovery dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model guided discovery dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction. (3) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis anatara siswa yang memiliki Kemampuan Awal Matematika (KAM) tinggi, sedang dan rendah. (4) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis anatara siswa yang memiliki Kemampuan Awal Matematika (KAM) tinggi, sedang dan rendah. (5) Terdapat pengaruh interaksi antara model dan tingkat Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (6) Disposisi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan metode guided discovery menunjukan peningkatan yang signifikan sesuai dengan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa setiap kategorinya. Kata Kunci : Kemampuan koneksi dan disposisi matematis, guided discovery, direct instruction

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:59
Last Modified: 16 Oct 2017 04:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item