PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V SDN Sindang Jaya Kecamatan Bojong Picung Kabupaten Cianjur )

VIA WIDIA ALVIANI, 135060122 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V SDN Sindang Jaya Kecamatan Bojong Picung Kabupaten Cianjur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ASLI.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ASLI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai, metode yang sering digunakan biasanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Sindangjaya KabupatenCianjur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 69% siklus II 82% dan siklus III 92 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 78% dan siklus III 87%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 46% siklus II 69% dan siklus III 86%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 36% siklus II 63% dan siklus III 96%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 46% siklus II 76% dan siklus III 96%. Kenam, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:45
Last Modified: 16 Oct 2017 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item View Item