PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung)

ANNISA NURGIANTI, 135060255 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 BAB III.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
19 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Neglasari 4 Kecamatan Coblong Kota Bandung dengan subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman, yang dilatarbelakangi karena siswa masih berperan pasif dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah, siswa cenderung malu dan takut salah untuk mengutarakan pendapatnya, rendahnya sikap percaya diri siswa yang berdampak pula pada rendahnya hasi l belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari III siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar di setiap tes. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri yaitu pada siklus I 40%, siklus II 57% dan siklus III 83,3%. Sedangkan untuk tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 26,66%, siklus II 46,7%, dan siklus III 86,7%. Selain itu, untuk penilaian RPP diperoleh data yang menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I 83,75%, siklus II 87,5% dan siklus III 88,75%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88,75%, siklus II 91,25% dan siklus III 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil persentase di atas penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:22
Last Modified: 16 Oct 2017 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item