DEVI DWI OKTI PURWANTI, 135060001 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan di Kelas IV SD Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Download (703kB) | Preview |
|
Text
BAB IV PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V PDF DEVI DWI O.P 135060001.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DEVI DWO O.P 135060001.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Asmi Kec. Regol Kota Bandung bahwa sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema tempat indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku masih berjalan secara monoton dan kurang optimal, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu guru kelas IV kurang memahami model pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan guru masih menggunakan model konvensional yaitu berupa ceramah. Siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran karena siswa bukan lagi menjadi subjek pembelajaran melainkan menjadi objek yang pasif. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model inkuiri,sedangkan bagi guru dalam pelaksanaan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil sikap percaya diri setiap siklusnya, dimana pada siklus I memperoleh nilai sebesar 33%. Pada siklus II mendapatkan nilai sebesar 63%, dan siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikasi sebesar 76%. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I memperoleh persentase kelulusan sebesar 70%. Pada siklus II sebesar 78%, dan pada siklus III memperoleh persentase kelulusan sebesar 82%. Pada saat pelaksanaan pembelajaran siswa menunjukan hasil yang positif terhadap pembelajaran tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model inkuiri. Hal tersebut terlihat dari keikutsertaan siswa terhadap beragam kegiatan pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri pada tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Asmi Kec. Regol Kota Bandung. Kata kunci : Inkuiri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 01:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 01:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30714 |
Actions (login required)
View Item |