Devi Ardiansyah, 135020078 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Koperasi Kelas X IIS 4 di SMAN 16 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bhs. indonesia.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bhs. inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bhs. sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (535kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 4 di SMAN 16. Permasalahan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah, sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses kegiatan belajar yang mengakibatkan minat belajar siswa menurun dan mempengaruhi hasil belajar yang di diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan media pembelajaran power point interaktif terhadap minat belajar siswa kelas X IIS 4 di SMA Negeri 16 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X IIS 4 di SMA Negeri 16 Bandung semester II tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar sebesar 0,638 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, regresi linear sederhana sebesar Y = 12,791 + 0,394 X, dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 40,8%. Hasil perhitungan rata-rata item angket yang terdiri dari tiga dimensi variabel X yaitu sebesar 82,6% yang menunjukan siswa setuju bahwa media pembelajaran power point interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil rata-rata tiap item angket yang terdiri dari dua dimensi pada variabel Y sebesar 79,06% yang menunjukan bahwa siswa setuju faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor yang berada di dalam (fisik dan psikis) dan dari luar dirinya (lingkungan, masyarakat). Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Media Pembelajaran Power Point Interaktif adalah alternatif media yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi siswa untuk dapat berfikir kritis dan berlandaskan pemahaman bukan penghafalan. Kata kunci: Media Pembelajaran Power Point Interaktif, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 09:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 09:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30708 |
Actions (login required)
View Item |