Wieke Kuswanti, 135020059 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Kelas XI IIS di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1_ALHAMDULILLAH COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7_ALHAMDULILLAH ABSTRAK1.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8_ALHAMDULILLAH ABSTRACT2.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9_ALHAMDULILLAH RINGKESAN3.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
14_ALHAMDULILLAH BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
15_ALHAMDULILLAH BAB 2.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
16_ALHAMDULILLAH BAB 3.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
17_ALHAMDULILLAH BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18_ALHAMDULILLAH BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
19_ALHAMDULILLAH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Skipsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Progresif Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 18 Bandung. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah di SMA Negeri 18 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 18 Bandung, tahun ajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 76 orang siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IIS 2 sebagai kelas ekperimen dan XI IIS 5 sebagai kelas kontrol . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil post-test kelas ekperimen yaitu 8,7 sedangkan hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 7,7. Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-valuenya adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model inovatif progresif metode inkuiri (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas XI tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 18 Bandung. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada pendidik atau guru SMA Negeri 18 Bandung untuk menggunakan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri dengan baik dan benar agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Inovatif Progresif Metode Inkuiri, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 03:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30683 |
Actions (login required)
View Item |