NUR INDAH KOMALASARI, 135030065 (2017) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN NILAI KEHIDUPAN BERORIENTASI PADA NILAI MORAL YANG DIPELAJARI DALAM CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS Xl SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan penulis melaksanakan pembelajaran mendemonstrasikan nilai moral yang dipelajari dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Ci mahi tahun pelajaran 2017/2018, dalam pembelajaran mendemonstrasikan. penulis merumuskan, c erpen adalah cerita fiksi berbentuk prosa yang singkat, padat, yang unsur-unsur ceritanya berpusat pada satu peristiwa pokok sehingga jumlah dan pengembangan pelaku terbatas. Nilai moral secara garis besar berkaitan dengan persoalan hidup dan kehidupan manusia itu dapat dibedakan ke dalam persoalan hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Mendemonstrasikan adalah Mempertunjukan dengan cara memperlihatkan suatu peristiwa atau kejadian yang pernah terjadi ataupun yang akan dilakukan oleh seseorang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran mendemonstrasikan nilai kehidupan berorientasi pada nilai moral yang dipelajari dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. 2) Siswa kelas XI IPA-2 SMA Pasundan 1 Cimahi telah mampu mendemonstrasikan nilai kehidupan berorientasi pada nilai moral yang dipelajari dalam cerita pendek dengan tepat. 3)Metode Role Playing efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan nilai kehidupan berorientasi pada nilai moral yang dipelajari dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Metode yang penulis gunakan adalah metode role playing, tuju annya adalah untuk menguji hipotesis yang sudah ditetapkan pelaksanaan yang diperoleh penulis yaitu 3,5 dengan kategori sangat baik (A). Maka adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis dapat melaksanakn pembelajaran mendemonstrasikan nilai moral dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing. Hal ini terbukti, hasil peni laian guru bidang studi Bahasa Indonesia SMA Pasundan 1 Cimahi , yang menilai mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh penulis. 2. Peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 cimahi mampu mendemonstrasikan nilai moral dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing . Nilai rata-rata rata pretest sebesar 47,7 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,84. Jadi terdapat peningkatan nilau pretes ke postes sebesa r 37,42, artinya siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi dapat mendemonstrasikan nilai moral dengan baik. 3. Metode role playing dapat digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan nilai moral dalam cerita pendek. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik , yakni 10,73 > 2,09. Berdasarkan kenyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mendemonstrasikan nilai kehidupan berorientasi pada nilai moral yang dipelajari dalam cerita pendek dengan menggunakan metode role playing menunjukkan keberhasilan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 03:20 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 03:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30678 |
Actions (login required)
View Item |