PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KAIN TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI KELAS VII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MURSAL AZIS, 135030137 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KAIN TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI KELAS VII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
13.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis adalah sesuatu yang mungkin dianggap gampang atau bahkan sulit untuk sebagian orang. Tulisan merupakan produk dari hasil pemikiran seseorang, tulisan juga banyak jenisnya, salah satu jenis tulisan adalah teks deskripsi. Media adalah alat untuk mempermudah suatu hal sehingga tujuan mudah tercapai, diantara media yang ada ialah media visual. Media visual sangat berkaitan erat dengan indera penglihatan dan memudahkan dalam menambah ingatan dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks deskripsi kain tradisional dengan menggunakan media visual. (2) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas VII SMP Nasional Bandung dalam menulis teks deskripsi kain tradisional dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. (3) Untuk mengetahui keefektifan media visual digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kain tradisional di kelas VII SMP Nasional Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen karena penelitian dengan menggunakan metode ini memiliki hubungan variabel sebab-akibat. Variabel independen dalam penelitian ini kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dan sebagai variabel dependen adalah media visual. Adapun hasil penelitinnya adalah sebagai berikut, (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis teks deskripsi kain tradisional dengan menggunakan media visual dengan mendapatkan nilai kategori sangat baik. (2) Peserta didik kelas VII SMP Nasional Bandung mampu menulis teks deskripsi kain tradisional dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. (3) Media visual efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi, hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes yaitu 32,9 sedangkan nilai rata-rata postes 81. Maka dari itu, selisih nilai pretes dan postes sebesar 48,1 dan merupakan tanda mengalami perubahan yang termasuk signifikan dengan pengujian statistik t hitung > t tabel yakni 7,179 > 0,854 pada tingkat kepercayaan 95 % dan derajat kebebasan 21. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes. Berdasarkan hasil analisis tersebut penulis menyimpulkan bahwa media visual dapat menjadi salah satu rekomendasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi di sekolah. Kata kunci: teks deskripsi, kain tradisional, media visual, pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:49
Last Modified: 13 Oct 2017 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30657

Actions (login required)

View Item View Item