PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS DEBAT BERORIENTASI PADA PERMASALAHAN DAN ARGUMEN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

APPRILIA, 135030064 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS DEBAT BERORIENTASI PADA PERMASALAHAN DAN ARGUMEN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1, cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Menganalisis Teks Debat Berorientasi pada Permasalahan dan Argumen pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaranmenganalisis teks debat berorientasi pada permasalahan dan argumen pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi tahun pelajaran 2016/2017 dengan tepat?2) apakah peserta didik kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks debatdengan tepat?3) apakah metode inkuiriefektif diterapkan dalam pembelajaran menganalisis teks debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 32 siswa yang merupakan siswa kelas X IPS SMA Pasundan 1 Cimahi. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretes dan postes). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis teks debat berorientasi pada permasalahan dan argumen menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas X-IPS Pasundan 1 Cimahi mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis teks debat yang dibaca menggunakan metode inkuiri. Hal ini dapat terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 36,25 dan hasil postes dengan rata-rata 63,60. Perbedaan ini menunjuk-kan selisih 27,35 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 27,35..Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,1 dengan kategori nilai baik (B). 3) metode inkuiri efektif digunakan dalam menganalisis teks debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung >ttabel yakni 11,59> 2,042 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 31. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menganalisis teks debat yang dibaca dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menganalisis, teks debat, inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:31
Last Modified: 13 Oct 2017 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item View Item