LESTARI ASIH PINUJI, 135030057 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I TARI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TARI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III TARI.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB IV TARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Text
BAB V TARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menganalisis Teks Eksplanasi Berorientasi pada Struktur dan Kebahasaan dengan Menggunakan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Pelajaran 2017-2018”. Rumuan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks eksplanasi berorientasi pada struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model cooperative script pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung? 2) apakah siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu menganalisis teks eksplanasi yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan secara tepat? 3) apakah model pembelajaran cooperative script efektif dalam pembelajaran menganalisis teks eksplanasi yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis teks eksplanasi berorientasi pada struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model cooperative script. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas XI IIS-1 SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu menganalisis teks eksplanasi berorientasi pada struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model cooperative script. Hal ini dapat terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 18,24 dan hasil postes dengan rata-rata 76,32. Perbedaan ini menunjukkan selisih 58,08 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 58,08. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,3. 3) model cooperative script efektif digunakan dalam menganalisis teks eksplanasi berorientasi pada struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel yakni 56,08> 2,042 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 33. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menganalisis teks eksplanasi berorientasi pada struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model cooperative script pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menganalisis, teks eksplanasi, cooperative script.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:26 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30636 |
Actions (login required)
View Item |